19.6.09

Nyeri Dada

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Sistem kardiovaskular sangat berpengaruh pada homeostasis tubuh manusia. Sistema ini berfungsi mengedarkan dan memvaskularisasi seluruh jaringan dan sel di dalam tubuh manusia. Nutrisi dihantarkan oleh darah ke jaringan dan sampah-sampah hasil metabolisme juga diangkut melalui darah. Jika sistem ini terjadi kekacauan dapat ditebk bagaimana jadinya, nutrisi tidak akan tersampaikan dengan baik ke jaringan. Begitupula dengan sampah-sampah metabolisme tidak dapat diangkut dan dibuang dari tubuh kita. Tentu hal ini akan memberikan dampak buruk dan menimbulkan kelainan pada sistem tubuh lainnya. Penyakit-penyakit kardiocvaskular termasuk ke dalam penyebab kematian tersering di Indonesia, terutama disebabkan karena pola hidup dan faktor-faktor risiko lainnya.

Oleh karena itu, pada tinjauan pustaka, penulis akan menjelaskan mengenai anatomi, histologi dan fisiologi jantung. Di samping itu, pada pembahasan akan dibahas mengenai pengaruh rokok dan kurang olah raga pada jantung sehingga dapat menimbulkan nyeri dada. Dan juga akan dibahasa sedikit mengenai kelainan yang ditemukan pada pemeeriksaan pada keadaan patologis jantung seperti gallop, ronkhi, bising, heaving dan thrill.

B. RUMUSAN MASALAH

Dalam skenario ini, penulis mendapatkan satu pokok permasalahan yaitu:

“Bagaimanakah hubungan antara merokok, olahraga dan nyeri dada?”

C. TUJUAN

1. Memahami anatomi, fisiologi dan histologi sistem kardiovaskular.

2. Mengetahui pemeriksaan fisik jantung, pemeriksaan EKG dan foto thorax.

3. Mampu menjelaskan patofisiologi nyeri dada, gallop, ronkhi, bising, heaving dan thrill.

4. Mengetahui penyakit jantung koroner dan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mampu menentukan keadaan dan tindak lanjut bagi pasien pada skenario.

D. MANFAAT

Manfaat dari penulisan laporan ini adalah penulis memahami bagaimana siklus jantung secara fisiologis dan bentuk-bentuk kelainan pada sistem kardiovaskular.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Organ-organ penyusun sistema kardiovaskular adalah cor, aorta beserta cabang-cabangnya, arteri pulmonalis dari truncus pulmonalis beserta cabang-cabangnya dan vena cava superior dan inferior. (Budianto, 2004)

Cor berbentuk conus dengan basis di dorsocraniodexter dan apex di ventrocaudosinister. Cor mempunyai tiga facies yaiu facies sternocostalos di ventral, facies diafragmatica di dorsocaudal dan facies pulmonalis di craniodorsosinister. Bagian dalam jantung terdiri atas empat ruang, yaitu atrium cordis dextrum et sinistrum dan ventriculus cordis dexter et sinister. Di antara atrium cordis dextrum dan atrium cordis sinistrum dibatasi oleh septum interatriale. Di sana terdapat fossa ovalis yang dibatasi oleh limbus ovalis. Fossa ovalis ini merupakan obliterasi dari foramen ovale pada waktu janin. Selain itu jug ada septum interventriculare yang membatasi antara ventriculus cordis decter dan ventriculus cordis sinister. Sedangkan di antara ventriculus cordis dexter dan atrium cordis dextrum dibatasi oleh ostium atrioventriculare dexter dan melekat valvula tricuspidalis. Dan di antara ventriculus cordis sinister dan atrium cordis sinistrum dibatasi oleh ostium atrioventriculare sinister yang dilekati valvula bicuspidalis/ mitralis. Di setiap valvula baik tricuspidalis maupun bicuspidalis, mereka dikaitkan oleh cordae tendineae ke m. papillaris. (Budianto, 2004)

Atrium cordis dextrum dimuarai oleh v. cava superior, v. cava inferior, v. cordis minimae dan sinus coronarius. Ventriculus cordis dexter akan mengalirkan darah ke truncus pulmonalis. Atrium cirdis sinistrum dimuarai oleh v. pulmanalis dextra dan sinistra masing-masing dua buah. Dan ventriculus cordis sinister akan mengalirkan darah ke aorta. (Budianto, 2004)

Cor terdiri dari dua jenis sel, yaitu sel otoritmik dan sel kontraktil. Sel otoritmik merupakan sel yang dapat menghasilkan potensial aksi tanpa perlu terksitasi oleh sel lainnya, berbeda dengansel kontraktil yang perlu dieksitasi agar dapat berkontraksi. Sel otoritmik ini akan saling berhubungan dan membentuk sistem konduksi jantung. Sel kontraktil dijantung sebanyak 99% berperan dalam kerja mekanis untuk memompa darah. Sedangkan sel otoritmik, sekitar 1%, tidak berkontraksi namun mencetuskan dan menghantarkan potensial aksi yang bertanggungjawab untuk kontraksi sel-sel kontraktil. (Tambayong, 2007)

Aktivasi sel otoritmik disebabkan karena adanya depolarisasi atau pergeseranpotensil aksi sampai ambang tercapai pada saat membran mengalami potensial aksi dengan siklus yang berulang-ulang. Penyebab pergeseran ini masih belum diketahui namun secara umum karena penurunan siklus fluks pasif K+ ke luar bersamaan dengan masuknya Na+. Perjalanan konduksi berjalan dari SA node ke AV node kemudian menuju ke berkas his dan berlanjut ke crus dexter dan sisnister yang akan berakhir ke mm. Papillares. (Budianto, 2004; Tambayong, 2007)

Pada beberapa jenis sel otoritmik, terdapat satu sel yang paling cepat dalm menghasilkan potensial aksi yaitu SA node. Maka, konduksi jantung akan diawali oleh SA node sebagai pacemaker kemudian diteruskan ke AV node yang kecepatannya kedua setelah SA node. Karena AV node meemiliki kecepatan kedua setelah SA node, maka akan diambil alih oleh AV node (pemacu laten). Namun jika AV node rusak, maka akan terjadi blok total. (Tambayong, 2007)

Sel otot jantung selama embrio merupakan sel mesoderm splanknik bumbung jantung yang tersusun berderet mirip rantai dan pada perkembangannya membetuk tautan yang rumit sehingga terdiri atas berkas-berkas sel teranyam. Inti selnya berjumlah satu – dua dan berada di tengah setiap satu sel. Pada sel otot jantung terdapat diskus interklatus yang merupakan komplek pertautan antar sel otot jantung yang bersebelahan dan terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian transversal yang tegak lurus terhadap serabut dan bagian lateral yang berjalan paralel terhadap miofilamen. Taut ini memiliki fasia adherens yang berfungsi sebagai tempat penambat filamen aktin sarkomer terminal. Selain itu, makula adherens pada taut juga akan mengikat sel-sel jantung agar tidak terpish selama kontraksi. Taut rekah akan memungkinkan pertukaran ion di antara sel-sel yang bersebelahan sehingga memungkinkan sinyal untuk kontraksi bentuk gelombang. Berbeda dari otot rangka, otot jantung ahanya memilki satu tubulus T dan satu sisterna retikulum sarkoplasmik yang disebut dengan “Diad”. Sel otot jantung juga mengandung banyak mitokondria yang menggambarkan kebutuhan metabolisme aerob terus menerus. (Pendit, 2001)

Pada sel otot jantung di bagian atrium akan ditemukan granul atrium yang mengandung perkursor hormon sebgai faktor natriuretik atrum yang berpengaruh pada kerja ginjal dan akan menyebabkan natriuresis dan diuresis. (Pendit, 2001)

Kontraksi otot jantung timbul dengan diawali oleh kejadian aktivasi sel otoritmik kemudian terjadi potensial aksi di sel kontraktil dan merambat menuruni tubulus T yang akan merangsang pengeluaran Ca ++ di retukulum sarkoplasmuk dan Ca++ dari CES akan masuk sehingga kadar Ca++ sitosol akan meningkat dan menggeser kompleks troponin-tropomiosin yang kemudian memulai kontraksi otot, sama seperti pada mekanisme kontraksi otot rangka dengan teori sliding filamen. (Tambayong, 2007)

Kontraksi otot jantung ini berjalan bergantian antara atrium dan ventrikel. Pada saat kontraksi jantung disebut dengan sistole sedangkan pada relaksasi jantung disebut sebagai diastol. Pada saat sistole, ventrikel berkontraksi sedangkan atrium relaksasi, sehingga tekanan intraventricularis meninggi. Hal ini menyebabkan valvula atrioventriculare menutup, disamping itu darah akan terpompa menuju aorta dan a. Pulmonalis karena valvula semilunaris aorta dan valvula semilunaris pulmonalis terbuka. Penutupan valvula atrioventriculare menimbulkan bunyi jantung I. (Budianto, 2004; Agus, 2005)

Sedangkan pada saat diastole, ventrikel relaksasi sedangkan atrium kontraksi sehingga tekanan intraatrial meninggi. Hal ini menyebabkan valvula atrioventriculare terbuka dan darah dari atrium masuk ke ventrikel, sedangkan valvula semilunaris aorta dan pulmonalis tertutup. Penutupan valvula semilunaris ini akan menimbulkan suara jantung II. (Budianto, 2004, Tambayong, 2007; Agus, 2005)

Jadi, sistole adalah saat di antara suara jantung I dan suara jantung II, sedangkan diastole saat di antara suara jantung II dan suara jantung I. Pada sat sistole, jantung berputar hinga memukul dinding depan thorax dan keadaan ini disebut dengan iktus cordis. Iktus cordis dapat diraba pada sptium intercostale V, sedikit sebelah medial linea medioclavicularis. (Budianto, 2004; Agus, 2005)

BAB III

PEMBAHASAN

Rokok mengandung begitu banyak kandungan zat kimia yang dapat merusak tubuh. Salah satunya adalah nikotin. Nikotin pada asap rokok yang dihirup akan menyebabkan peningkatan agregasi platelet. Agregasi platelet ini dapat membentuk suatu trombus bila terus menerus tertumpuk di dalam lumen. Apabila trombus ini terbentuk atau berjalan menjadi emboli dan berubah menjadi tromboemboli lalu menempel di lumen pada pembuluh darah jantung, maka akan terbentuk plak dalam pembuluh darah jantung tersebut.

Di samping itu, nikotin juga akan mempengaruhi adrenalin yang berperan dalam vasokonstriksi, termasuk arteri coronaria. Nikotin juga akan mengganggu metabolisme kolesterol dan keseimbangan HDL dengan LDL dimana nikotin akan menyebabkan stres oksidatif. Stres ini akan meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL. LDL yang meningkat tanpa diimbangi HDL akan mudah menempel di lumen pembuluh darah. Lama kelamaan tumpukan LDL ini akan menumpuk dan membesar sehingga terlihat sebagai plak di dalam lumen. LDL akan tertumpuk di lapisan antara tunika intima dan dibawahnya juga akan ditambah pula dengan agregasi trombosit. Selain itu, peningkatan LDL dapat menyebabkan terbentuknya foam cell, yaitu makrofag yang telah diinvasi oleh LDL yang menembus endotel. Hal ini akan menyebabkan jumlah LDL terus meningkat.

Bila plak terjadi di arteri maka dapat menimbulkan arterosklerosis. Penyumbatan pembuluh arteri jantung yang akan memvaskularisasi jantung melalui arteri coronaria tentunya akan menyebabkan jaringan serta sel-sel di jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen. Padahal kita tahu bahwa sel otot jantung memiliki banyak mitokondria dan membutuhkan oksigen dalam jumlah banyak untuk metabolisme aerob terus menerus. Hal ini akan mengakibatkan jantung mengalami hipoksia dan terjadi iskemia. Sebagai kompensasinya, karena sel-sel otot jantung tetap membutuhkan tenaga, maka terjadilah metabolisme anaerob guna menghasilkan energi. Metabolisme anaerob ini akan menghasilkan produk sampingan selain energi yaitu asam laktat yang kemudian akan menumpuk dan menyebabkan penurunan pH sel sehingga keadaan menjadi asidosis. Hipoksia, penurunan energi ditambah dengan asidosis akan menyebabkan fungsi ventrikel kiri menjadi terganggu sehingga kontraksi otot jantung akan berkurang dan curah jantung sekuncup akan berkurang. Hal ini kemudian berdampak akan terjadi mudah lelah.

Olahraga merupakan suatu latihan stres fisik bagi tubuh kita. Saat melakukan olahraga, pembuluh darah akan berdilatasi dan kerja jantung akan meningkat. Orang yang biasa berolahraga akan melatih otot-otot jantungnya untuk bekerja secara optimal sehingga cardiac output-nya akan meningkat karena otot-otot jantung akan membesar dan kekuatannya bertambah. Sehingga ketika mendapatkan stres dari luar, sel otot jantung bekerja lebih cepat namun tidak begitu lebih berat karena sudah terbiasa memenuhi kebutuhan sirkulasi tubuh saat berolahraga.

Apabila seseorang tidak pernah atau kurang melakukan latihan fisik, berarti latihan stres fisik yang dialami jantung juga berkurang, sehingga jantung tidak dapat menghadapi stres yang tiba-tiba muncul seperti pada keadaan aterosklerosis. Maka, pada orang yang kurang olahraga curah jantung akan sedikit dan ketika jantung mendapatkan kompresi, maka jantung tidak dapat mengatasinya dengan baik karena sel otot jantung bekerja lebih berat daripada biasanya. Sehingga kebutuhan tubuh tidak dapat diatasi dengan baik. Kurang olahraga juga akan menyebabkan ketika terjadi penyumbatan pembuluh darah, karena kurang olahraga, elastisitas pembuluh darah tidak meningkat dan luas lumen yang dapat dilewati darah akan berkurang.

Selain itu, olahraga akan meningkatkan metabolisme kolesterol dan mengurangi kadar LDL dalam darah. Semakin sedikit berolahraga, semakin sedikit pula LDL yang berkurang dan semakin banyak jumlah LDL yang menumpuk dalam darah sehingga kemungkinan aterosklerosis juga meningkat.

Bila trombus menyebabkan obstruksi total, maka akan terjadi infark. Setelah terjadi infark, trombus akan lisis oleh proses endogen. Ketika proses iskemi ini terjadi, maka akan terasa nyeri dada. Nyeri yang dirasakan disebabkan karena saraf viseral akan terangsang selama iskemi miokard terjadi, akan tetapi korteks serebral tidak dapat menentukan apakah nyeri berasal dari miokard.

Pada keadaan patologis jantung, akan ditemukan beberapa kelainan pada pemeriksaan, baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Pada pemeriksaan fisik, kelainan yang mungkin timbul dapat berupa gallop, ronkhi, bising, heaving dan thrill.

Heaving dan thrill dapat ditemukan pada saat pemeriksaan palpasi. Heaving merupakan gelombang yang dirasakan di tangan pemeriksa ketika palapasi dinding dada. Heaving ini dapat disebabkan karena overload ventrikel kiri sehingga jantung hipertrofi dan menyebabkan gelombang pada dinding dada ketika dipalpasi. Kelainan ini biasanya terjadi pada insufisifisiensi mitral. Sedangkan thrill adalah getaran pada tangan pemeriksa. Thrill ini dapat dirasakan karena terjadi turbulensi darah di dalam ruangan jantung. Thrill dapat dirasakan saat sistolik maupun diastolik.

Pada pemeriksaan auskultasi, kelainan jantung dapat dicurigai bila kita mendapatkan adanya gallop maupun bising. Gallop adalah bunyi tambaha n jantung yang berirama seperti derap kuda. Pada normalnya, suara jantung yang terdengar hanya suara jantung I dan suara jantung II. Pada gallop akan terdengar tiga atau empat jenis suara jantung. Suara jantung tambahan ini dapat berupa suara jantung III, suara jantung IV atau suara jantung III dan suara jantung IV. Suara jantung III ditemukan tidak lama setelah suara jantung II, hal ini disebabkan karena adanya kelainan pada katup mitralis yang terganggu. Sedangkan suara jantung IV adalah suara jantung yang terdengar sesaat sebelum suara jantung I terdengar. Ini disebabkan karena adanya kontraksi yang kuat dari atrium untuk memompakan darah ke ventrikel, biasanya terjadi karena katup vena tidak tertutup sempurna.

Bising adalah suara selain suara jantung yang terdengar saat auskultasi. Bising dapat terdapat selama, di awal maupun di akhir siklus sitolik atau diastolik. Bising dapat disebabkan karena adanaya stenosis ataupun insufisiensi mitral sehingga darah yang seharusnya tidak masuk dari satu ruang jantung ke ruang jantung lainnya seperti misalnya dari atrium dextrum ke atrium sinistrum, dari arteri pulmonalis ke aorta, dan sebagainya.

Sebagian besar bising disebabkan karena kelainan katup jantung sehingga terdengar suara bising ketika darah mengalir pada saat seharusnya katup tertutup sempurna dan darah tidak mengalir melalui katup tersebut. Namun tidak semua bisisng sitolik merupakan kelainan organik pada katup jantung.

BAB IV

PENUTUP

A. KESIMPULAN

v Nikotin dalam rokok akan menyebabkan peningkatan kadar LDL dalam darah secara tidak langsung dan meningkatkan agregasi trombosit secara langsung yang keduanya akan menimbulkan aterosklerosis dan dapat menyebabkan iskemia miokard dan dapat berakhir dengan infark miokard.

v Iskemi miokard akan menimbulkan nyeri dada akibat adanya rangsangan terhadap saraf viseral.

B. SARAN

v Pasien dalam skenario ini perlu melakukan perubahan pola hidup dengan mengurangi merokok dan meningkatkan olahraga untuk mencegah terjadinya serangan penyakit jantung. Mengingat ayahnya terkena penyakit jantung koroner yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner ditambaha pola hidup dengan merokok dan kurang olahraga.

v Nyeri dada yang dirasakan pasien perlu ditinjau kembali apakah hanya psikosomatik atau perlu tindakan medikamentosa, maka pemeriksaan penunjang lainnya serta follow up terhadap pasien ini masih diperlukan.

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, T. Bahri.2004.Nyeri Dada. http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&ct=res&cd=2&url=http%3A%2F%2Flibrary.usu.ac.id%2Fdownload%2Ffk%2Fgizi-bahri8.pdf&ei=tXSRSfLhIJXWkAW2_fj7Cw&usg=AFQjCNFXGl0yYMIV1xLP7Ab3LOdT047Vow&sig2=Lovpg9WN8Tep-iWvZ8SgjA

(diakses tanggal 12 Februari 2009)

Budianto, Anang dan Azizi, M. Syahrir.2004.Guidance to Anatomy II Edisi Revisi.

Gray, Huon H. et. al.; alih bahasa: Azwar Agus dan Asri dwi R.2005.Lecture Notes Kardiologi edisi keempat.

Junqueira, Luiz Carlos; alih bahasa: Jan Tambayong.2007.Histologi Dasar: Teks & Atlas Edisi 10.

Karim, Sjukri dan Kabo, Peter.2007.EKG dan Penanggulangan Beberapa Penyakit Jantung Untuk Dokter Umum.

Lauralee, Sherwood; alih bahasa Brahm U. Pendit.2001.Fisiologi Manusia: dari Sel ke Sistem Edisi Kedua.

Makmun, Lukman H. dan Abdurrachman, Nurhay.2007.’Pemeriksaan Fisik Jantung’, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I.

Pratanu, Sunoto, dkk.2007.’Elektrokardiografi’, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III.

Price, Sylvia A. and Wilson, Lorraine McCarty; alih bahasa: Brahm U. Pendit.2005.Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit Volume 1.